Kemendikbud Ristek Janji Lebih Perhatikan Dunia Pendidikan di PPU

Home » News » Kemendikbud Ristek Janji Lebih Perhatikan Dunia Pendidikan di PPU

Penunjukan Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU), Kalimantan Timur (Kaltim) sebagai lokasi pemindahan Ibu Kota Negara (IKN) baru tidak hanya berdampak pada peningkatan sektor infrastruktur dan ekonomi. Namun, sektor pendidikan juga akan menerima imbas positif.

Hal itu dikatakan Dirjen Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Menengah (PAUD Dikdasmen) Kementerian Pendidikan Kebudayaan Jumeri saat mengunjungi SMPN 1 Penajam, dalam rangka memantau perkembangan program sekolah penggerak, Selasa (23/11/2021). Menurut Jumeri, status PPU sebagai lokasi pemindahan IKN bakal mendapatkan perhatian dari Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek).

“Dengan ditetapkanya PPU sebagai lokasi IKN, dunia pendidikan menjadi salah satu sektor yang pasti diperhatikan oleh pemerintah pusat,” kata Jumeri.

Bentuk perhatian yang akan diberikan pemerintah pusat melalui Kemendikbud Ristek, khususnya dalam hal peningkatan sarana dan prasarana sekolah. Nantinya, bantuan anggaran akan disalurkan ke daerah melalui dana alokasi khusus (DAK).

Meski begitu, pemberian bantuan untuk peningkatan sarana sekolah di wilayah PPU sejauh ini belum bisa dilakukan. Pasalnya, pemerintah pusat masih terkendala terbatasnya anggaran.

“Kalau kondisi keuangan sudah longgar, kita ada terpadu dengan kementerian lain, seperti Bappenas dan Kementerian Keuangan bagaimana memberikan perhatian. Karena sebagai IKN, wajahnya Indonesia itu ada di PPU,” terangnya.

Tidak hanya meningkatkan sarana dan prasarana di level sekolah, keberadaan Perguruan Tinggi di PPU juga dibutuhkan. Selama ini, siswa lulusan sekolah menengah atas harus keluar daerah jika ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang lebih tinggi.

“Tidak hanya infrastruktur, pasti nanti pemerintah pusat juga akan membangun perguruan tinggi disini, untuk mengakomodir anak-anak kita,” imbuhnya.*

sumber : https://kaltimku.id/kemendikbud-ristek-janji-lebih-perhatikan-dunia-pendidikan-di-ppu/



Related: